Rabu, 13 Juni 2012

SMP 1 Kudus Wakili Jateng ke Adiwiyata Nasional


Kudus - SMP 1 Kudus kembali mewakili Jateng dalam Adiwiyata nasional tahun 2012. Sekolah ini lolos menjadi juara pertama setelah menyisihkan puluhan sekolah tingkat SMP se-Jateng dalam penilaian Adiwiyata  yang dilakukan akhir April lalu.

’’Setelah proses penilaian tuntas, pada 29 Mei lalu SMP 1 Kudus dinyatakan sebagai juara I Adiwiyata Jateng, sehingga otomatis saat ini menjadi perwakilan Provinsi Jateng dalam Adiwiyata tingkat nasional,’’ ujar kepala SMP 1 Kudus, Oky Sudarto, Minggu lalu (3/6).

Dalam penilaian Adiwiyata, sekolah harus memiliki lingkungan yang sehat dan hijau. Selain itu, sekolah juga harus memiliki visi dan misi yang berwawasan lingkungan, serta didukung oleh proses pembelajaran yang juga mengacu pada wawasan lingkungan.

’’Jadi mata pelajaran dengan wawasan lingkungan tidak hanya pada Biologi, tetapi semua mata pelajaran, termasuk  Matematika dan Bahasa Inggris,’’ terangnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Oky mengaku mengupayakan pendidikan berwawasan lingkungan yang saling bersinergi. Hampir semua mata pelajaran diarahkan untuk memperkenalkan siswa terhadap lingkungan. Seperti tema-tema bacaaan dalam Bahasa Inggris yang lebih banyak bertema lingkungan.

Dua Kali Nomine

’’Setiap tahun, kami berupaya pendidikan di SMP 1 Kudus semakin mengarah pada wawasan lingkungan. Karena hal ini penting untuk menjaga kelangsungan lingkungan di Indonesia,’’ ucapnya.
Dengan upaya-upaya tersebut, dia berharap, tahun ini pihaknya bisa meraih piala Adiwiyata yang  dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sebab, sudah dua kali berturut-turut sekolah ini hanya menjadi nomine dalam Adiwiyata tahun 2010 dan 2011 lalu.
’’Harapan kami, tahun ini bisa benar-benar lolos, dan meraih piala,’’ tuturnya. (H76-15)


Sumber: Suara Muria, 05 Juni 2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar