Selasa, 27 September 2016

IFC Angkat Batik Kudus ke Hong Kong Center Stage

SEBAGAI salah satu pusat mode dunia, Indonesia memastikan diri untuk ikut ambil bagian dalam ajang Center Stage-Asia's Premiere Fashion pada 7-10 September 2016 mendatang di Hong Kong.

Keikutsertaan Indonesia di ajang internasional ini diwujudkan dengan mengirimkan empat siswi, yang berhasil terpilih untuk menghadirkan karya busana mereka lewat pagelaran busana di Hong Kong nanti. Dimana keempat siswi berbakat ini, Risa Maharani, Nadia Royyana, Rania dan Nia Faradiska adalah hasil program peningkatan kualitas sekolah menengah kejuruan dari Bakti Pendidikan Djarum Indonesia yang bekerja sama dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC).

Keempatnya digembleng para desainer yang tergabung dalam IFC, untuk menampilkan karya desain urban modest wear dengan tema besar kain Batik. Kali ini bukan batik Pekalongan, Jogja atau Solo yang sudah terlalu populer namanya yang diangkat, melainkan batik Kudus lah yang akan ditampilkan oleh Risa Maharani, Nadia Royyana, Rania dan Nia Faradiska dalam pagelaran busana di panggung utama di perhelatan Center Stage nanti.

Selaku national chairman IFC, Ali Charisma mengungkapkan mengapa untuk fashion show berkelas internasional ini diputuskan untuk mengangkat kain tradisional Batik asal kota Kudus. “Kenapa batik Kudus, ya karena belum sekuat batik di kota lain misal Jogja-Solo-Pekalongan. Jadi memang masih membutuhkan media promosi khusus sehingga tidak seakan mendompleng batik di kota-kota itu,” ungkap Ali yang ditemui Okezone seusai acara siaran media "Membawa Karya SMK ke Panggung Dunia," kemarin di Artotel, Jakarta Pusat.

Ali menambahkan untuk motif kain batik dari Kudus ini, kurang lebih ada dua motif yang ditonjolkan yaitu motif gebyok dan motif beras kecer. “Lewat desain keempat siswi SMK NU Banat dan Zalmera ini, kita bawa motif seperti beras kecer dan gebyok yang kita kembangkan. Misalnya motif braskecer yang kita modifikasi. Tadinya cuma di ujung lalu kita ubah jadi motif utamanya,” pungkas Ali. (ren)

Sumber: Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar